Multimedia dapat ditempatkan dimana saja selama
masyarakat membutuhkan akses ke sumber informasi elektronik. Multimedia
mengubah sajian tradisional komputer yang berupa teks, menjadi suatu media yang
menarik perhatian dan keingintahuan. Penerimaan informasi menjadi semakin baik,
dan jika disusun secara baik, multimedia juga bisa menjadi amat menghibur.
Multimedia juga menjembatani dan menjangkau masyarakat
yang sedikit alergi terhadap bentuk penyampaian standard komputer kedalam
bentuk yang lebih mudah dapat diterima dan mudah digunakan. Berikut adalah beberapa contoh pemanfaatan multimedia, yaitu :
Multimedia di Rumah Tangga
Pada saat ini, konsumen dari produk
multimedia sudah memiliki komputer yang sudah terpasang CD-ROM Player atau
televisi yang dihubungkan dengan alat sejenis CD player, seperti Kodak Photo
CD, Philips CD-I Player atau Panasonic 3DD Player. Banyak dari
produk mereka menggunakan teknologi CD yang mengizinkan multimedia masuk ke
rumah tangga. Telah terjadi peningkatan penjualan atas produk multimedia
hiburan berbasis komputer dan produk game elektronik.
Multimedia di Tempat Umum
Hotel, stasiun, pusat perbelanjaan,
museum dan tempat tujuan wisata akan menjadi sasaran utama dalam lingkup ini.
Stand alone terminal dan kios k akan tersedia ditempat-tempat tersebut guna
memberikan informasi. Instalasi alat seperti ini akan mengurangi penggunaan
informasi tradisional dan personilnya.
Multimedia Dalam Bisnis
Pengimplementasian multimedia dalam
lingkup bisnis mencakup presentasi, pelatihan, marketing, periklanan, demo
produk, database catalog dan komunikasi jaringan. Voice Mail dan Video
Confrence dalam waktu dekat ini akan tersedia dibanyak LAN (Local Area Network)
dan WAN (Wide Area Network). Pelatihan
SDM (Sumber Daya Manusia) dapat menjadi lebih hidup dan imajinatif. Seorang
mekanik dapat mempelajari cara kerja mesin tanpa harus dilumuri oli. Pramugari
dapat belajar mengatasi para pembajak melalui suatu simulasi multimedia. Para
penjual dapat mendemonstrasikan produk perusahaannya tanpa harus membawa produk
aslinya, tetapi tetap memberikan gambaran yang sama hebatnya.
Sumber referensi :
·
http://journal.usm.ac.id/jurnal/transit/478/detail/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar